Jumat, 05 Februari 2016

SARUBOBO

Photo Source : travel.kompas
SARUBOBO, ada yang sudah pernah dengar nama ini? Kalau belum, kenalan yuk dengan SARUBOBO.

Sarubobo adalah sebuah jimat keberuntungan yang berasal dari kota Takayama, Jepang. Surabobo berbentuk boneka manusia berwarna merah, tidak memiliki wajah, dan dibuat dalam berbagai ukuran.
Alasan mengapa sarubobo tidak memiliki wajah adalah apabila pemilik sedang sedih, bisa membayangkan bahwa surabobo juga berwajah sedih dan merasakan kesedihan yang sama. Sebaliknya, apabila pemilik sedang bahagia, bisa membayangkan bahwa surabobo juga berwajah bahagia dan merasakan kebahagiaan yang sama.

Menurut tradisi, sarubobo dibuat oleh para nenek untuk cucu nya yang bermain boneka atau cucu perempuan nya sebagai jimat keberuntungan supaya mereka mendapatkan jodoh yang baik, pernikahan yang langgeng, mendapatkan anak yang berbakti kepada orang tua, dan hal baik lainnya.

Photo Source : j-hoppers.japanhostel
Sarubobo secara harfiah dari terjemahan bahasa Jepang adalah "bayi kera". "Saru" dalam bahasa Jepang adalah kera dan "bobo"  adalah bayi dalam dialek kota Takayama. Ada hal yang melatarbelakangi pemberian nama pada jimat keberuntungan ini adalah dikaitkannya dengan 3 permohonan.
Pertama, permohonan akan perlindungan dari hal-hal buruk. Di Jepang, kata "pergi" diterjemahkan sebagai "saru", jadi kepemilikan sarubobo berarti hal-hal buruk akan pergi.
Kedua, permohonan akan rumah yang nyaman dan pasangan yang baik. Di Jepang, kata "rumah yang nyaman" diterjemahkan sebagai "kanai enman" dan "pasangan yang baik" diterjemahkan sebagai "ryo-en" (cara lain mengucapkan saru adalah en).
Ketiga, permohonan akan kemudahan dalam melahirkan. Dalam dunia hewan, kera memiliki proses melahirkan yang mudah. Wajah surabobo yang berwarna merah sama dengan wajah bayi kera.

Seiring dengan berkembangnya zaman, kini sarubobo tidak hanya berwarna merah, tetapi ada warna biru, merah muda, hijau, kuning, oranye, ungu, dan hitam.
Warna-warna tersebut juga mengandung permohonan yang berbeda.

Photo Source : global.rakuten

Merah               : keberuntungan dalam segala hal.
Biru                  : keberuntungan dalam hal sekolah.
Merah muda     : keberuntungan dalam hal percintaan.
Hijau                : keberuntungan dalam hal kesehatan.
Kuning             : keberuntungan dalam hal keuangan.
Oranye             : keberuntungan dalam hal pekerjaan.
Ungu                : keberuntungan dalam hal umur panjang.
Hitam               : menolak atau menghapus kesialan.


Unik kan? Kalau berkunjung ke Jepang jangan lupa ke kota Takayama ya supaya kamu bisa mendapatkan jimat keberuntungan ini.

Semoga sarubobo memberikan kamu keberuntungan ya! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar