Minggu, 23 Agustus 2015

DAPUR

Halo blogger!


Kami, ARTELITE adalah perusahaan yang bergerak di bidang urban furniture, yaitu furniture yang di desain khusus untuk kemudahan hidup penggunanya. Maksudnya, furniture dengan konsep modular dan menggunakan bahan baku yang berkualitas tinggi. 

ARTELITE akan memberikan sedikit bahasan mengenai dapur. Tapi sebelumnya, kami akan memperlihatkan project kitchen set yang telah kami buat.



 

Oke, dapur adalah tempat atau ruangan khusus untuk mengolah makanan.
Ada 2 istilah dapur yang memang sudah tidak asing lagi, yaitu dapur bersih dan dapur kotor.

Apa sih perbedaan dapur bersih dan dapur kotor?
Jadi, dapur bersih biasanya digunakan untuk menaruh makanan yang sudah jadi atau siap dihidangkan. Sedangkan dapur kotor biasanya digunakan untuk proses memasak masakan.
Tapi tidak masalah jika fungsi dapur bersih dan dapur kotor dijadikan satu dalam sebuah ruangan, terlebih lagi jika ruangan yang dimiliki tidak terlalu besar. Hal yang terpenting adalah tetap menjaga kebersihan dan kerapian dapur setelah pemakaian.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat dapur terasa nyaman :

1. Sirkulasi udara. 
   Terkadang, saat memasak suasana dapur menjadi penuh dengan          asap. Untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik, sebaiknya di      dapur di pasang exhaust fan. Karena sirkulasi udara yang            baik, udara di dapur akan menjadi bersih dan segar. 

2. Rak-rak penyimpanan.
    Perhatikan rak-rak untuk penyimpanan alat-alat yang telah           digunakan dan yang telah dibersihkan, karena dapur yang baik         identik dengan kerapihan dan kebersihan.

3. Cahaya atau penerangan yang cukup.
   Cahaya dapat diperoleh dari 2 sumber, yang pertama dari cahaya      matahari dan yang kedua dari lampu.Cahaya matahari bermanfaat        untuk membunuh bibit penyakit yang ada di dapur. Saat membuat        dapur, sebaiknya perhatikan jumlah dan besarnya jendela atau        ruangan terbuka. Sehingga mendapatkan cahaya matahari yang cukup.
   Cahaya lampu dibutuhkan untuk mengganti cahaya matahari yang        tidak tersedia setiap waktu.

4. Area pemotongan
   Ada baiknya area untuk memotong buah atau sayuran dipisah dengan    area memotong ikan atau daging, supaya tidak menghasilkan            aroma yang kurang sedap.

Untuk pemasangan perangkat memasak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :

1. Kompor
   Apabila menggunakan kompor gas, sediakanlah lemari penyimpanan      tabung gas. Posisi tabung gas yang lebih aman yaitu dengan          meletakkan di luar dapur yang posisinya dekat dengan ruang          terbuka. Apabila terjadi kebocoran gas dapat langsung terbuang ke    udara bebas, dan mengurangi resiko tabung meledak.

2. Bak cuci piring (Sink)
   Dapur sebaiknya diletakkan berhadapan dengan jendela yang dapat      dibuka atau berdekatan dengan jendela. Posisi ini membantu          pergantian udara di area sink agar tidak terlalu lembab. Juga        jangan meletakkan bersebelahan langsung dengan kompor, apabila      terpaksa berilah jarak antara kompor dan sink.

3. Kulkas 
   Kulkas sebaiknya jangan ditaruh di dekat kompor dan jangan          terkena sinar matahari langsung. Hal ini untuk mencegah naik nya    suhu kulkas saat pintu dibuka, yang berakibat borosnya penggunaan    listrik.

Dapur juga memiliki beberapa bentuk, seperti :
  • Bentuk "I"
Model ini hanya memiliki satu dinding. Kompor, sink, dan kulkas berada pada satu garis lurus. Biasanya dapur berbentuk I ini digunakan di rumah-rumah yang ruangannya tidak terlalu besar.
  • Bentuk "L"
Model ini memakai dua sisi dinding. Dapur berbentuk L ini biasanya didesain untuk lokasi dapur yang menyatu dengan ruangan lainnya.
  • Bentuk "U"
Model ini memakai 3 dinding. Umumnya sink di letakkan di tengah dapur, posisi sink berhadapan dengan lokasi yang terbuka, seperti menghadap jendela. Untuk kompor berada di sisi yang berhadapan dengan kulkas.



Ada beberapa tips untuk membuat dapur bersih :


1. Gantung dan simpan

   Rajinlah membersihkan dapur dan menata perabot dengan rapi dan      baik di rak maupun dinding. Ketimbang menaruhnya di meja dapur,      taruh berbagai perlengkapan di rak yang tertutup atau digantung      di dinding.

2. Segera bersihkan peralatan masak setelah dipakai
   Noda-noda pada perabot akan semakin sulit dibersihkan apabila        sudah menumpuk. Bersihkan semua perabotan dapur secara teratur      agar tetap bersih dan bebas dari noda.

3. Bersihkan tempat cuci piring tiap hari
   Setelah mencuci piring atau perabot dapur, jangan lupa untuk        mencuci tempat piring tiap hari nya, supaya tempat cuci piring      bebas dari semut, kecoa, atau    binatang lainnya. Juga jangan      lupa membersihkan kompor setelah pemakaian, karena noda-noda        bekas masakan akan membekas dan mengundang banyak bakteri.

4.  Bersihkan lemari es secara berkala
    Cairkan bunga es dan bersihkan lemari es menggunakan lap basah.     Bersihkan juga kulkas dari makanan kedaluwarsa. Untuk membuat       lemari es lebih segar, taruh sekantung baking soda didalamnya.

5. Bersih bersinar
   Saat membersihkan tempat cuci piring, rak piring, atau meja          makan, gunakan wiper dan pembersih yang tepat agar dapur tetap      bersih dan bersinar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar